Posting terpopuler 30 hari terakhir :

01 November 2009

Barang dalam Perjalanan/Goods in Transit

Barang dalam Perjalanan/Goods in Transit

Apabila ada pertanyaan barang dalam perjalanan dari tempat penjual ke tempat pembeli sebenarnya milik siapa, sih ? Jawabannya tergantung pada persyaratan penjualan (terms of sale) apakah persyaratannya Free On Board (FOB) Shipping Point atau FOB Destination.

FOB Shipping Point mensyaratkan bahwa ongkos kirim barang dari penjual ke pembeli ditanggung oleh pembeli, sehingga kepemilikan barang tersebut telah berpindah dari penjual ke pembeli di tempat penjual. Sehingga apabila terjadi pembelian barang dari penjual dengan FOB Shipping Point dan barang tersebut masih dalam perjalanan ke tempat pembeli, barang dalam perjalanan tersebut adalah barang milik pembeli meskipun pada saat tutup buku barang tersebut belum diterima. Konsekuensinya, nilai barang tersebut harus dimasukkan sebagai persediaan pada neraca akhir tahun tersebut pada perusahaan pembeli.

FOB Destination mensyaratkan bahwa ongkos kirim barang dari penjual ke pembeli ditanggung oleh penjual, sehingga kepemilikan barang tersebut akan berpindah dari penjual ke pembeli di tempat pembeli. Sehingga apabila terjadi pembelian barang dari penjual dengan FOB Destination dan barang tersebut masih dalam perjalanan ke tempat pembeli, barang dalam perjalanan tersebut adalah barang milik penjual. Pada akhir tahun buku barang tersebut belum diterima, maka konsekuensinya nilai barang tersebut tidak boleh dimasukkan sebagai persediaan pada neraca akhir tahun tersebut perusahaan pembeli.


1 komentar:

Materi Kuliah mengatakan...

thx infonya ya... bahan belajar tambahan ni...